IBX5980432E7F390 Xiaomi Smart TV Converter (Mi Box) Mengubah TV Anda Menjadi Smart TV - Trend Xiaomi

Xiaomi Smart TV Converter (Mi Box) Mengubah TV Anda Menjadi Smart TV


Trend Xiaomi - Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju dan canggih, tidak hanya handphone, perangkat elektronik lain seperti televisi pun juga mengalami kemajuan yang pesat. Kini banyak televisi yang dijual di pasaran sudah banyak yang bertajuk atau berlabel "Smart TV". 

Apa itu smart TV?
Secara sederhana, Smart TV alias TV Pintar bisa dikatakan adalah sebuah televisi yang dapat terhubung dengan dunia internet.
Xiaomi Smart TV Converter
Xiaomi Smart TV Converter

Mengapa smart TV dapat terhubung dengan dunia internet?

  • Karena smart TV mempunyai prosesor dan program tersendiri yang dapat dioperasikan seperti smartphone, tablet atau mini komputer.
  • Smart TV juga mempunyai Memory tersendiri untuk menyimpan program yang dijalankan.
  • Smart TV juga mempunyai browser untuk menjelajah internet seperti pada smartphone atau komputer
  • Sejauh ini, program atau sistem operasi yang tertanam pada smart tv tergantung pada pabrikan yang memproduksinya. Namun secara umum, kebanyakan saat ini adalah sistem operasi Android.

Bagaimana smart TV bekerja?
Smart TV tetap membutuhkan koneksi internet, yang metode koneksinya dapat berupa menggunakan jaringan kabel atau wireless (WiFi).

Salah Kaprah tentang Smart TV
  • Mungkin banyak yang mengira bahwa Smart TV berlayar touch screen alias layar sentuh sebagaimana smartphone. Anggapan ini salah, tidak semua smart tv sudah touch screen. 
  • Smart TV harganya mahal, ini relative. Harga tergantung merk, resolusi layar dan ukuran layar tv. Beberapa merk yang mengeluarkan produk smart tv ada yang berharga dibawah Rp 2 juta.
  • Smart TV berukuran di atas 32 inch. Anggapan ini juga keliru, faktanya ada beberapa merk smart tv yang layarnya berukuran 24 inch.

Bagaimana dengan TV biasa, apakah bisa dijadikan smart TV ?
  • Bisa, namun dengan syarat TV tersebut sudah mempunyai port yang bernama port HDMI (Pada TV LCD dan TV LED, biasanya sudah tertanam fitur ini)
  • Kemudian menggunakan sebuah alat konverter yang umumnya bernama Smart Box Converter, Smart Box TV dll. yang koneksi ke TV biasa menggunakan port HDMI atau AV (Audio Video).

Di pasaran banyak yang menjual alat converter tersebut, mulai harga ratusan ribu hingga jutaan, tergantung pada kemampuan dan fitur alatnya. Umumnya alat konverter ini menggunakan sistem operasi Android, sehingga ada yang menyebut alat ini dengan android smart box atau android tv box. Nah, Xiaomi selain mengeluarkan produk smart tv (harga smart tv besutan xiaomi harganya diatas 20 jutaan rupiah) juga mengeluarkan alat konverter smart tv, yang bernama Mi Box.

Mi Box series
Hingga Mei 2018 ini, Xiaomi telah menelurkan Mi Box series ke 4 alias Mi Box 4 seperti Mi Box 4C yang banyak beredar di toko online Indonesia dan Mi Box Pro.

Yang perlu diperhatikan dalam membeli perangkat ini adalah kemampuan perangkat TV Anda. Apabila TV yang Anda gunakan belum dapat menampilkan gambar 4K, walaupun perangkat Mi Box yang dibeli sudah dapat menghasilkan gambar dengan resolusi 4K maka gambar pada perangkat TV Anda tetap saja standard bawaan TV. Jadi intinya adalah bahwa perangkat Mi Box akan menghasilkan gambar menyesuaikan dengan kemampuan resolusi perangkat TV yang terkoneksi dengan Mi Box.


Tips Membeli Mi Box mau pun Smart Box TV :

  • Bila Anda membeli alat ini untuk dihubungkan dengan TV model lama dan Anda tidak ada rencana membeli TV model terbaru, maka belilah alat tersebut dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi, misalnya sudah resolusi layar 4K. Karena akan percuma fitur tersebut dan tidak akan dapat dinikmati pada TV yang belum 4K ready.
  • Namun bila Anda membeli alat ini untuk dihubungkan dengan TV yang kemampuan resolusi layar sudah 4K maka tidak ada salahnya membeli alat ini sesuai dengan resolusi layar pada TV.

0 Komentar Untuk "Xiaomi Smart TV Converter (Mi Box) Mengubah TV Anda Menjadi Smart TV"

Post a Comment