IBX5980432E7F390 Pengguna Handphone Harus Baca Ini - Trend Xiaomi

Pengguna Handphone Harus Baca Ini


trend xiaomi - Sudah banyak para peneliti dari berbagai lembaga riset dan penelitian yang meneliti dampak penggunaan handphone. Para peneliti dari lembaga penelitian Komunikasi Radio University Jiaotong, Shanghai, Cina, menyatakan bahwa handphone adalah suatu alat peluncur sinyal yang memiliki daya tertentu, dan daya terbesar sekitar satu watt atau lebih. Memang satu watt itu kecil, akan tetapi karena pengguna handphone sering dan sangat dekat dengan bagian otak, makan radiasi akan tertimbun.

Dilarang menggunakan handphone
Dilarang menggunakan handphone

Awalnya handphone dianggap sebagai sebuah prestise atau gaya hidup, tetapi sekarang ini handphone sepertinya sudah menjadi sebuah kebutuhan terlebih bagi pemiliknya selain sebagai alat komunikasi untuk menunjang aktivitas dan juga pekerjaan bagi sebagian orang. Dibalik itu, terselip dampak buruk atau efek negatif penggunaan handphone bagi pemakainya.

Sebuah riset di Amerika Serikat menunjukkan bahwa pria yang menggunakan handphone lebih dari empat jam setiap harinya akan mengalami penurunan jumlah sel sperma hingga 40 persen. Tak hanya itu, ditemukan juga bahwa mutu sel sperma menjadi berkuang dan kemampuan memiliki anak juga menurun. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ketika kita mengaktifkan handphone, alat itu akan mengirimkan gelombang radio ke pusat handphone dan gelombang tersebut akan terserap oleh tubuh manusia. Proses yang disebut dengan radiasi tersebut akan berdampak tidak baik terhadap kesehatan tubuh.

Hasil penelitian juga terkadang menimbulkan perdebatan. Tetapi kita dilakukan sebuah percobaan dengan menggunakan hewan, terbukti bahwa gelombang mikro memang mempengaruhi organ tubuh. Pada organ tubuh yang banyak mengandung air maka kerusakannya juga semakin besar.

Pakar yang terkait juga menunjukkan adanya kebiasaan buruk para pengguna handphone yang merugikan kesehatan antara lain menggantungkan di leher atau menaruh pada saku baju yang tentu dapat mempengaruhi kerja jantung. Cara yang lebih aman dan sehat adalah menyimpan handphone di dalam tas. 

Ada juga beberapa cara untuk menghindari dampak buruk dari handphone :
  • Ketika menelepon dan belum tersambung, ada baiknya menjauhkan handphone dari kepala selang selama lima detik, karena pada saat handphone baru terhubung, radiasi yang ditimbulkan akan sangat kuat sekali.
  • Dengan memperhatikan sinyal handphone, dimana prinsip kerja handphone dalam keadaan sinyal yang agak lemah maka handphone akan meningkatkan daya luncur gelombang elektromagnetnya secara otomatis sehingga intensitas radiasi akan bertambah kuat. Jadi saat sinyal handphone lemah, jangan memaksakan diri untuk menggunakan handphone.
  • Hindari pemakaian handphone terlalu lama, jika terpaksa harus berhubungan dalam jangka waktu lama, sebaiknya mendengarkan secara bergantian di telinga kiri dan kanan setiap satu atau dua menit.
  • Saat menggunakan handphone jangan di sudut tembok. Penerimaan sinyal di sudut bangunan tidak bagus sehingga dapat menyebabkan daya radiasi handphone dalam waktu tertentu menjadi lebih besar.
  • Hindari kebiasaan mondar mandir dan selalu bergerak saat menggunakan handphone karena dengan posisi yang bergerak maka menyebabkan ketidakstabilan sinyal yang diterima handphone.
Semoga bermanfaat ya.



0 Komentar Untuk "Pengguna Handphone Harus Baca Ini"

Post a Comment