IBX5980432E7F390 Ponsel XIAOMI NOTE Series - Trend Xiaomi

Ponsel XIAOMI NOTE Series


trendxiaomi - Tidak dapat dipungkiri bahwa yang mempopulerkan smartphone dengan embel-embel "Note" adalah Samsung, sang produsen asal Korea dengan seri Samsung Galaxy Note pada tahun 2011. Selain merk Samsung, kemudian banyak merk handphone lain yang juga mengeluarkan smartphone tipe atau series dengan embel-embel "Note", sebut saja merk Lenovo, Meizu, Huawei, Asus, Panasonic, Coolpad dan tentu saja Xiaomi. Xiaomi sendiri baru mengeluarkan smartphone berlabel Note pada tipe Xiaomi Redmi Note pada tahun 2014.

Xiaomi Mi Note
Xiaomi Mi Note
Umumnya smartphone dengan embel-embel Note juga mempunyai layar yang lebih besar dibandingkan tipe atau seri sejenis pada sebuah merk handphone yang tidak berembel-embel Note.

Ukuran layar smartphone berlabel Note, rata-rata dikisaran besaran mulai 5.5 inch. Hanya merk Coolpad yang mempunyai layar 5.0 inch di beberapa tipe smartphone Note-nya.
Xiaomi sendiri telah merilis puluhan tipe smartphone-nya yang berembel-embel Note. Apakah smartphone Xiaomi dengan embel-embel Note tersebut mempunyai layar besar? Mari kita lihat tabel smartphone Xiaomi berlabel Note series di bawah ini (daftar smartphone xiaomi yang dirilis sampai Oktober 2018) :

Tipe Handphone
Ukuran Layar (inch)
Xiaomi Mi Note
5.7"
Xiaomi Mi Note Pro
5.7"
Xiaomi Mi Note Plus
5.7"
Xiaomi Mi Note 2
5.7"
5.5"
Xiaomi Redmi Note
5.5"
Xiaomi Redmi Note Prime
5.5"
Xiaomi Redmi Note 2
5.5"
5.5"
Xiaomi Redmi Note 3 (MediaTek)
5.5"
Xiaomi Redmi Note 4
5.5"
Xiaomi Redmi Note 4 (MediaTek)
5.5"
Xiaomi Redmi Note 4G
5.5"
Xiaomi Redmi Note 4X
5.5"
Xiaomi Redmi Note 5A (Redmi Y1)
5.5"
Xiaomi Redmi Note 5 / Redmi 5 Plus
5.99”
Xiaomi Redmi Note 5 Pro
5.99”
Xiaomi Redmi Note 5 AI Dual Camera
5.99”
Xiaomi Redmi Note 6 Pro
6.26”


Dari tabel tersebut di atas, smartphone besutan Xiaomi terbanyak bermain di kisaran 5.5 inch dan 5.7 inch. Sisanya bermain di 5.99 inch dan 6.26 inch. Ukuran 5.99 inch pada series Redmi Note 5 terbilang baru karena selain varian Redmi Note 5A yang dirilis November 2017, varian Redmi Note 5 lainnya dirilis pada tahun 2018.

Sebelum rilis type Redmi Note 5 series serta Redmi Note 6 Pro, smartphone Xiaomi yang bermain dengan layar ukuran di atas 5.7 inch adalah type Mi Max dan Mi Mix. Mi Mix dan Mi Max series bermain di layar ukuran 5.99 inch dan di atas 6 inch.

Sejatinya, smartphone dengan embel-embel Note tersebut disertai dengan sebuah "stylus pen" seperti seri Note keluaran Samsung.
Lalu kenapa Xiaomi tidak mengikuti jejak Samsung yang mengeluarkan smartphone series Note-nya rata-rata disertai Stylus Pen?
Xiaomi tidak membundling smartphone series Note-nya dengan stylus pen, kemungkinan besar dengan tujuan agar harga jual smartphone Xiaomi dapat bersaing dengan merk pesaing.

Xiaomi Stylus Pen
Xiaomi Stylus Pen
Disamping itu, penggunaan perangkat stylus pen pada perangkat handphone touch screen alias layar sentuh pada sebagian besar orang stylus pen mungkin tidak terlalu dibutuhkan. Hanya orang-orang dengan kebutuhan tertentu, seperti designer misalnya yang mungkin membutuhkan stylus pen dalam aktivitas dengan perangkat smartphone-nya. Oleh karenanya bagi yang membutuhkan Stylus Pen untuk perangkat smartphone merk Xiaomi nya, Xiaomi pun sudah memproduksi dan menjual secara terpisah dari penjualan smartphone.

0 Komentar Untuk "Ponsel XIAOMI NOTE Series"

Post a Comment