IBX5980432E7F390 Tipe Smartphone Xiaomi Dengan Fasilitas Wireless Charging - Trend Xiaomi

Tipe Smartphone Xiaomi Dengan Fasilitas Wireless Charging


Trend Xiaomi - Teknologi Wireless Charging pada smartphone dianggap sebagai salah satu lompatan teknologi dan perubahan terbesar, karena sebelumnya bila kita mengisi atau men-charge (bahasa sehari-hari disebut "mengecas") baterai smartphone menggunakan charger dengan kabel yang dihubungkan ke slot, port atu soket smartphone. 
Wireless Charging 


Apa itu wireless charging? secara bebas kita menerjemahkannya dengan mengecas atau men-charge secara wireless atau tanpa kabel. Sebagian besar orang mungkin membayangkan teknologi ini hampir mirip dengan WiFi dimana kita mengecas baterai cukup dengan mengaktifkan wireless-nya pada smartphone dengan charger tanpa kabel dan baterai akan terisi. Admin pun membayangkan seperti itu, ternyata tidak seperti itu.

Wireless Charging tetap menggunakan alat charger yang terhubung dengan sumber daya listrik, kemudian cara mengecas smartphone adalah dengan menempelkan atau meletakkannya pada alat tersebut. Intinya kita tidak mencolokkan kabel ke smartphone untuk mengecas baterai. Apa bedanya dengan "docking"? Pada docking tetap ada alat yang masuk ke dalam port, slot atau soket smartphone untuk melakukan proses charging, sedangkan pada wireless charging kita hanya cukup menempelkan smartphone pada alat charging.

Lalu apa kelebihan dan keunggulan wireless charging dibanding charger konvensional? 
  • Kelebihannya tentu lebih nyaman dan mudah dengan wireless charging, karena tinggal meletakkan saja.
  • Mengurangi terjadinya kerusakan atau keausan pada soket smartphone karena secara rutin mencolok dan mencabut pada saat mengecas smartphone.
Selain kelebihan dan keunggulan, tentu wireless charging ini punya kelemahan yaitu :
  • Kecepatan pengisian baterai masih kalah dengan cara mengecas konvensional
  • Pada saat membeli smartphone dengan kemampuan wireless charging, biasanya tidak dibundling dengan alat wireless charger-nya sehingga harus membeli secara terpisah.
  • Belum semua perangkat smartphone memiliki teknologi wireless charging, kalau pun sudah biasanya merupakan smartphone flagship atau kelas premium.
Nah, ngomong-ngomong apakah Xiaomi punya smartphone yang memiliki fitur wireless charging? Sudah ada loh ya, sampai medio Maret 2019 ini setidaknya tercatat ada 5 tipe smartphone Xiaomi yang memiliki fitur Wireless Charging walaupun harus diakui bahwa teknologi wireless charging pada produk smartphone Xiaomi ini belum lama yaitu Maret 2018 pada salah satu tipe smartphone-nya yaitu Xiaomi Mi Mix 2S. 

Berikut ini daftar smartphone Xiaomi yang memiliki fitur Wireless Charging :

  1. Xiaomi Mi Mix 2S
  2. Xiaomi Mi Mix 3
  3. Xiaomi Mi Mix 3 5G
  4. Xiaomi Mi 9
  5. Xiaomi Mi 9 Explorer

Tertarik? Jika tertarik, maka Anda harus menyiapkan dana atau budget minimal antara Rp. 6,5 hingga Rp.7 jutaan karena rata-rata kelima smartphone tersebut ada dikisaran harga tsb.

0 Komentar Untuk "Tipe Smartphone Xiaomi Dengan Fasilitas Wireless Charging"

Post a Comment