IBX5980432E7F390 Iklan Xiaomi - Trend Xiaomi

Iklan Xiaomi


Trend Xiaomi - Awal-awal smartphone xiaomi masuk ke Indonesia pada tahun 2014, penjualannya dilakukan melalui internet dengan cara pre-order. Pemasarannya produk tanpa iklan baik di surat kabar maupun televisi, hanya seperti "Getok Tular" atau cerita dari mulut ke mulut. Kehadiran smartphone xiaomi disambut baik pasar Indonesia karena xiaomi menawarkan produk smartphone-nya dengan harga lebih murah dengan spesifikasi yang sama dari produk smartphone pesaing.
Iklan Xiaomi di televisi
Iklan Xiaomi di televisi


Tidak dapat dipungkiri bahwa Xiaomi mampu menekan harga jual produk smartphone-nya karena Xiaomi tidak beriklan secara berlebihan. Dan menghamburkan uang iklan bukan gaya xiaomi. Ini pengakuan xiaomi di media nasional : 
https://tekno.kompas.com/read/2017/04/05/15030087/xiaomi.menghamburkan.uang.untuk.iklan.bukan.gaya.kami

Namun, akhir-akhir ini di media televisi sering muncul iklan smartphone Xiaomi terutama untuk tipe smartphone Mi A2. Memang iklan yang muncul di televisi tersebut bukan pada waktu prime time, melainkan selepas waktu prime time. Yang disebut waktu prime time di televisi yaitu tayangan televisi antara pukul 18:30 hingga pukul 21:30.

Munculnya tayangan iklan xiaomi di media televisi tersebut menyisakan beberapa pertanyaan :

  • Apakah dengan iklan itu mengisyaratkan bahwa Xiaomi mulai goyah dengan pendiriannya? Karena memang vendor pesaing sangat gencar dalam memasarkan produk smartphone-nya. Selain Samsung, sebut saja Oppo dan Vivo yang begitu masive dalam pemasaran produknya. Belum lagi gempuran smartphone dari vendor lain seperti Asus yang mulai unjuk gigi dengan produk-produknya.
  • Apakah produk Mi A2 kurang begitu diminati dan penjualannya rendah?
  • Apakah belanja iklan xiaomi akan mempengaruhi harga jual smartphone xiaomi dimasa-masa mendatang? Kita tunggu saja.


Selain mengiklankan produknya, ternyata Xiaomi juga memasang iklan pada produk smartphone-nya yaitu melalui software interface xiaomi yaitu MIUI, menu Setting dan pada beberapa aplikasi bawaan yang terpasang.
Hal itu diakui oleh xiaom
https://tekno.kompas.com/read/2018/09/20/18460027/xiaomi-mengaku-sengaja-tampilkan-iklan-di-menu-setting-)  
Tentu saja kehadiran iklan-iklan pada smartphone xiaomi tersebut banyak mendapatkan sorotan dan keluhan dari para pengguna xiaomi. 

Bagi pengguna mahir mungkin akan mencari solusi agar tidak tampil iklan pada perangkat smartphone xiaomi-nya dan memang ada beberapa cara dan trik untuk menghilangkan kemunculan iklan pada perangkat smartphone xiaomi secara permanen. Namun bagaimana dengan pengguna yang awam?

0 Komentar Untuk "Iklan Xiaomi"

Post a Comment